Apa Saja Fungsi dari NPWP dan Cara Membayar Pajak

Halo sahabat anderscore, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja fungsi dari NPWP dan Cara membayar pajak untuk sebuah perusahaan maupun untuk orang pribadi, sebenarnya untuk anda yang kebingungan cara membayar pajak ini, bisa berkonsultasi dengan konsultan pajak ataupun menyimak setiap artikel yang akan kami jelaskan dibawah ini. seperti yang kita ketahui sendiri bahwasannya membayar dan melaporkan pajak adalah sebuah kewajiban bagi warga negara oleh kerana itu artikel ini sangat penting untuk anda ketahui dan juga anda pelajari dengan sebaik mungkin.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa kebanyakan dari orang Indonesia salah persepsi akan membayar dan melaporkan pajak, karena itu yang harus dilakukan sebenarnya mengerti terlebih dahulu fungsi dari sebuah cara membayar pajak dan apa saja yang harus dilakukan ketika kita sudah mempunyai NPWP.

Karena kebanyakan dari kita membuat NPWP hanya untuk kebutuhan semata saja yang contohnya, untuk meminjam uang di bank ataupun untuk melamar sebuah pekerjaan, oleh karena itu dalam hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya kita kurang mengetahui sendiri apa yang dimaksud dengan NPWP dan bagaimana cara membayar dan melaporkan NPWP ini.

Apa Saja Fungsi dari NPWP dan Cara Membayar Pajak

Apa Saja Fungsi dari NPWP dan Cara Membayar Pajak

Harus anda ketahui bahwa sebenarnya NPWP mempunyai fungsi utama bukanlah untuk kredit bank usaha ataupun untuk melamar pekerjaan, melainkan fungsi dari sebuah NPWP yaitu sarana untuk kantor Pelayanan Pajak mencatat semua administrasi perpajakan yang tentunya Anda lakukan.

Jadi ketika anda mempunyai uang untuk Anda atau Anda bayarkan kepada negara semuanya dapat dipertanggungjawabkan dan dicatat dengan baik sebagaimana mestinya. Jadi dalam hal ini tentu tidak sembarangan dan NPWP tidak hanya merupakan sebuah kartu melainkan terdapat sebuah nomor pokok Wajib Pajak yang nomor tersebut sudah terhubung dengan KTP anda.

Melamar Pekerjaan

cara membayar pajak penghasilan

Hal inilah yang paling banyak dilakukan ketika orang berbondong-bondong datang ke kantor Pelayanan Pajak yaitu untuk membuat sebuah NPWP, karena dalam persyaratan melamar pekerjaan tentu kadang harus mempunyai NPWP terlebih dahulu, karena setiap perusahaan mewajibkan dalam hal tersebut untuk mendata dan juga membayar pajak ketika anda bekerja di sebuah perusahaan di manapun itu di Indonesia.

Bagi Anda yang menjadi pegawai tentunya wajib juga untuk melaporkan pajak penghasilan apabila hal ini Tentunya tidak ditanggung oleh perusahaan, karena mereka biasanya hanya menanggung membayar pajak tidak serta menanggung pelaporan pajak.

Jadi yang harus anda lakukan adalah ketika menjadi seorang pekerja atau karyawan dan mempunyai nPWP dan pajak tersebut dibayarkan oleh perusahaan maka yang wajib Anda lakukan hanyalah melaporkan pajak tersebut pada setiap tahun satu kali atau SPT tahunan.

Meminjam Uang di Bank

fungsi dari NPWP

Ada yang ingin meminjam uang di bank kredit apapun itu pastinya membutuhkan persyaratan diantaranya NPWP, hal ini Tentunya bukan menjadi persyaratan yang tanpa ada makna tersendiri, melainkan NPWP tersebut tentunya suatu saat nanti berfungsi untuk dilaporkan oleh pihak bank atas bunga pinjaman dan kredit yang Anda lakukan, jadi di dalam hal ini Tentunya pihak bank harus mengetahui nomor NPWP anda.

Izin Usaha

NPWP untuk badan usaha

Baca juga : Cara Manage Keuangan Sederhana pada Bisnis

Hal terakhir yang kerap sekali banyak dilakukan ketika seseorang ingin membuat sebuah yaitu untuk keperluan membuka usaha ataupun untuk membuat legal seperti CV atau PT, di mana dalam hal ini tentu anda sangat diwajibkan untuk mempunyai NPWP, karena dalam hal tersebut di masa depan tentu akan mempunyai kewajiban untuk anda membayar dan juga untuk Anda melaporkan pajak dari penghasilan usaha tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah badan usaha yang tentunya sudah memiliki penghasilan mempunyai kewajiban untuk membayar dan juga melaporkan pajak, hal ini tentu berimbas juga pada NPWP yang sudah anda buat di mana pastinya negara menerima apa yang anda bayar dan lapor melalui nomor NPWP yang sudah anda buat sendiri.

Cara Membayar Pajak

cara membayar pajak

Setelah anda mempunyai NPWP dan mengetahui apa saja fungsi NPWP ini tentu disini anda mempunyai kewajiban untuk membayar dan juga melaporkan pajak, di bawah ini juga akan kami jelaskan tentang apa saja yang harus anda lakukan dan apa saja kewajiban Anda untuk membayar dan melaporkan pajak.

Pajak untuk Pegawai/Karyawan

pajak untuk karyawan

Bagi anda yang mempunyai status pegawai atau karyawan, dalam hal ini biasanya pajak yang anda bayarkan sudah di wakilkan oleh pemberi kerja atau perusahaan Di mana tempat anda bekerja, karena hal ini tentunya menjadi kewajiban tersendiri bagi pemberi kerja untuk memotong upah atau gaji anda untuk dibayarkan pajaknya tersendiri.

Jadi yang harus anda lakukan hanyalah melaporkan pajak setiap 1 tahun sekali atau lapor pajak SPT tahunan, hal ini juga tergantung dari wajib pajak apabila anda masih ptkp atau penghasilan tidak kena pajak gimana dalam satu tahun hanya mendapatkan penghasilan dibawah 60 juta.

Apabila dalam satu tahun anda mempunyai omset atau penghasilan di atas 60 juta, maka anda bukan PTKP lagi dan diwajibkan untuk membayar pajak.

Pajak untuk Pengusaha

Pajak untuk Pengusaha

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa anda seorang pengusaha yang mempunyai penghasilan diatas ptkp yaitu omzet pertahun melebihi 60 juta maka setiap Anda lapor pajak SPT tahunan tentu ada nominal yang harus anda bayarkan kepada negara, dalam hal ini Tentunya tergantung dari seberapa besar omset Anda tersebut.

Akan tetapi apabila omset anda kurang dari 60 juta atau Anda masih termasuk ptkp, maka tidak perlu khawatir anda hanya diwajibkan untuk melaporkan pajaknya saja, akan tetapi apabila setiap bulannya anda mempunyai kewajiban PPN maka dalam hal ini setiap bulannya pun anda wajib lapor PPN tersebut.

Pajak untuk Badan Usaha

Pajak untuk Badan Usaha

Kemudian untuk anda yang mempunyai badan usaha ketika sudah memiliki sebuah maka ada kewajiban hitung menghitung, membayarkan dan juga melaporkan setiap pajak yang negara wajibkan seperti SPT masa ataupun SPT tahunan.

Apabila anda mempunyai banyak karyawan tentu anda juga diwajibkan untuk membayar pajak mereka dengan cara memotong gaji karyawan atau pegawai tersebut untuk kemudian dibayarkan pajak, dan tentu dalam hal ini juga ada perhitungan tersendiri yang mungkin nanti akan kita bahas.

Sekian mengenai artikel kali ini tentang Apa Saja Fungsi dari NPWP dan Cara Membayar Pajak, semoga bisa bermanfaat untuk anda dan juga bagi anda yang masih bingung apa saja yang harus dilakukan ketika sudah mempunyai sebuah NPWP, jangan lupa untuk berikan komentar dibawah dan juga share artikel ini kesemua social media anda agar bisa membantu mereka juga yang bingung apa yang harus dilakukan ketika sudah punya NPWP.

Untuk anda yang masih bingung tentunya jangan sungkan untuk berkomentar ataupun berkonsultasi tentang perpajakan dan hal bisnis dan juga keuangan bersama Anderscore sebuah blog yang mempunyai pembahasan menarik dari aspek bisnis, keuangan dan juga perpajakan, sekian dari saya terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.